SETTING THE SCENE: Australian Open

MENGATUR ADEGAN: Australia Terbuka

Waktu Membaca: 2 menit

MENGATUR Adegan: Statistik kunci dari Grand Slam pertama tahun 2022


Setelah banyak ketidakpastian menjelang tahun ini Australia Terbuka, sekarang terlihat seperti juara dunia nomor satu dan rekor sembilan kali, Novak Djokovic, akan memiliki kesempatan untuk memenangkan acara tersebut untuk 10th waktu.

Jika dia melakukannya, Djokovic akan melampaui saingannya Rodger Federer dan Rafa Nadal dan memegang rekor langsung untuk sebagian besar gelar tunggal putra Grand Slam yang dimenangkan.

Tahun lalu di Melbourne, petenis Serbia itu mengalahkan Rusia Daniel Medvedev dalam kemenangan straight set yang nyaman, dan dengan melakukan itu menyamai rekornya sendiri untuk gelar tunggal putra Australia Terbuka terbanyak berturut-turut di Era Terbuka, dengan tiga gelar. Dia pertama kali mencetak rekor dengan kemenangan pada 2011, 2012 dan 2013.

Ini adalah rekor yang dia bagikan dengan beberapa pemain wanita hebat di Era Terbuka, termasuk Margaret Court, Evonne Goolagong Cawley, Steffi Graf, Monica Seles dan Martina Hingis.

Hingis memenangkan yang pertama dari tiga gelar Australia Terbuka pada tahun 1997, prestasi luar biasa untuk pemain yang hanya 16 tahun. Dengan melakukan itu dia menjadi pemenang termuda Australia Terbuka dan dia masih tetap menjadi pemenang Grand Slam termuda.

Pemenang Australia Terbuka tertua adalah Ken Rosewall, yang memenangkan delapan Grand Slam antara tahun 1953 dan 1974, dengan gelar tahun 1973 di Melbourne menjadi gelar ketujuhnya, pada usia 37 tahun.

Rosewall tidak diragukan lagi adalah salah satu pemain tenis Australia terhebat sepanjang masa, tetapi hanya sedikit pemain yang hampir menyamai 24 gelar tunggal Grand Slam yang dimenangkan oleh Margaret Court dalam karir yang membentang di Era Pra-Terbuka dan Terbuka.

Court masih memegang rekor jumlah gelar tunggal Grand Slam yang dimenangkan, termasuk 11 kemenangan luar biasa di ajang kandangnya, dengan Serena Williams satu-satunya pemain saat ini dalam jarak dekat, di 23 Grand Slam.

Williams memang memegang rekor kemenangan Australia Terbuka terbanyak di Era Terbuka dengan tujuh, yang terakhir datang pada tahun 2017. Namun, dia tidak akan memiliki kesempatan untuk menambah jumlah itu di Melbourne tahun ini.

Turnamen tahun ini, yang berlangsung dari 17th – 30th Januari, sepertinya akan memberikan momen-momen kelas atas dan pengulangan final tahun lalu mungkin menjadi hal yang jauh lebih dekat kali ini, dengan Medvedev setelah dipukuli Djokovic di final US Open tahun lalu.

Final mana pun akan sulit untuk menandingi pertandingan klasik 2012 antara Djokovic dan Nadal, yang masih merupakan pertandingan terlama di Australia Terbuka, yang berlangsung epik. 5 jam 53 menit.

Lihat Pasar Terbuka Australia kami di sini

Author: info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *